Perawatan Saat Si Kecil Pilek

Saat buah hati Anda yang masih bayi terserang pilek, Moms pasti kalang kabut untuk memberikan obat dan membuatnya merasa nyaman. Bayi memang sangat rentan terserang pilek karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah sehingga virus penyakit mudah menyerang tubuh mungilnya.

Memang tidak ada obat yang bisa mengusir pilek lebih cepat, tapi Anda dapat membantu membuat si kecil lebih enakan dengan memberinya istirahat yang cukup. Selain itu, Moms dapat merawat si kecil yang sedang pilek dengan melakukan beberapa langkah berikut yang dilangsir dari situs babycenter.com.

Pertama, jangan lupa untuk memberikan asupan cairan yang cukup bagi si kecil. Untuk bayi berusia 4 bulan ke bawah, Moms dapat memberikan asupan ASI dan susu formula yang cukup untuknya. Sedangkan untuk bayi berusia 4 bulan, Moms bisa memberikan air putih dan Anda bisa mulai memberikan sedikit jus pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan.

Kedua, bantulah si kecil untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat hidungnya. Bayi tentu masih belum mampu mengeluarkan sendiri lendir di dalam hidungnya. Padahal lendir yang menyumbat hidung tersebut bisa membuat si kecil rewel karena merasa tidak nyaman.

Untuk membantu bayi Anda mengeluarkan lendir di dalam hidung, rebahkan kepala si kecil dan teteskan sedikit air garam pada lubang hidungnya untuk mengencerkan lendir. Lalu, beberapa saat kemudian, keluarkan lendir tersebut dengan menggunakan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir hidung pada bayi.

Ketiga, oleskan petroleum jelly pada daerah sekitar lubang hidung buah hati Anda. Saat pilek bayi rentan mengalami iritasi pada hidungnya akibat gesekan saat mengeluarkan lendir dari dalam hidungnya. Nah, petroleum jelly bermanfaat untuk meredakan iritasi yang terjadi pada hidng si kecil.

Selanjutnya, usahakan untuk membuat udara di dalam ruangan bayi Anda menjadi lembab. Moms dapat menaikkan suhu AC di dalam kamar atau mungkin mematikan AC untuk sementara waktu. Selain itu, Moms juga dapat membawa si kecil ke dalam kamar mandi dengan air panas untuk mendapatkan uap hangat dari shower panas tersebut.

Untuk membuat buah hati Anda nyaman saat tidur, Moms bisa menidurkannya dalam posisi semi berdiri untuk beberapa jam saja dalam sehari. Hindari menggunakan bantal untuk membantunya berdiri karena dapat membuatnya sulit bernapas serta jangan meletakkan bantal di bawah tempat tidurnya karena bisa membuatnya tidak stabil.

Merawat bayi yang sedang pilek memang bisa menjadi salah satu tugas yang paling melelahkan. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena dengan perawatan yang tepat si kecil pasti dapat segera sembuh dari sakitnya.

Sumber : velame.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s