Waspada Mom, Buah Hati Kurang Konsumsi Sayur & Buah Berisiko Asma

Mengajarkan buah hati mau konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup setiap harinya memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Beberapa anak akan sangat sulit jika diajak makan sayur dan lebih banyak memilih makan daging, ikan atau junk food.

Kalau anak kesulitan buat makan sayur, sebenarnya hal ini sangat berbahaya buat kesehatan anak lho Mom. Para ahli gizi mengungkapkan jika anak yang kurang asupan nutrisi buah dan sayurnya, hal ini akan membuatnya rentan berisiko terhadap penyakit asma.

Dikutip dari laman asiantown.net, anak-anak yang tidak tercukupi asupan sayur dan buah akan menjadikannya lebih berisiko menderita asma hingga 53 persen lebih tinggi dari mereka yang tercukupi nutrisi sayur dan buahnya. Tak hanya berisiko asma, anak-anak yang jarang konsumsi sayur dan buah juga sangat memungkinkan ia berisiko terhadap obesitas, risiko jantung, masalah pada paru-paru, daya tahan tubuh melemah dan kurang fokus.

Mengenai risiko asma sendiri, hal ini sangat erat kainnya dengan kesehatan paru-paru anak. Anak yang mengalami masalah asma, kemungkinan besar akan mengalami masalah pula pada kesehatan paru-parunya. Anak-anak dengan risiko asma juga sangat mungkin mengalami masalah pada sistem pernafasan mereka. Jika hal ini tidak dicegah dan diselesaikan dengan baik, dikhawatirkan bahwa anak-anak akan mengalami risiko penyakit berbahaya lainnya yang bisa mengancam jiwa mereka.

Sementara itu, untuk menurunkan risiko asma, para ahli sangat menyarankan orang tua agar senantiasa memberikan asupan nutrisi dan gizi dari sayur serta buah yang cukup ke anak setiap harinya. Hal ini mengingat bahwa sayur dan buah adalah penangkal terbaik dari risiko asma.

Maripaz Morales, seorang ahli kesehatan anak mengatakan, “Studi yang kami lakukan menemukan bahwa asma erat kaitannya dengan obesitas dan kesehatan paru-paru. Ini sering kali terjadi karena adanya penumpukan lemak dan kolesterol akibat konsumsi makanan tidak sehat. Asma adalah masalah yang sering terjadi karena seseorang tidak memiliki asupan sayur dan buah cukup. Dengan konsumsi sayur dan buah cukup setiap harinya, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya pun akan bantu seseorang terhindar dari asma serta masalah kesehatan paling berbahaya sekalipun.”

So Mom, agar buah hati kita terhindar dari risiko asma, pastikan bahwa buah hati memiliki asupan sayur dan buah cukup setiap harinya. Pastikan pula agar buah hati mau makan sayur dan buah sebagai makanan utama mereka. Kalau anak tak suka makan sayur dan buah, tugas Mom adalah membuat sayur dan buah tersebut menjadi makanan yang lezat dan memiliki rasa yang sesuai dengan lidah anak. Semoga, informasi ini bermanfaat.

sumber : vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s